Simply Blog

Berpacu menjadi yang terbaik

Cara Membuat Tachometer

diposting oleh adrian-fh98 pada 21 September 2012
di Umum - 0 komentar

Rangkaian Tachometer. Tachometer atau penunjuk rotation per minutes RPM, tentu bukan sekedar penghias dashboard. Namun bermanfaat bagi pengemudi karena dapat menjadi penuntun untuk mengoperasikan mobil dengan hemat. Ini dikarenakan melalui tachometer, pengemudi akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti posisi gigi. Selain itu, menjalankan kendaraan pada putaran statis sesuai dengan petunjuk masing-masing pabrikan, dapat lebih menghamat konsumsi bahan bakar alias BBM lho.

Tachometer akan memberikan peringatan kepada pengemudi apabila tingkat putaran mesin sudah pada tahap “maksimum”. Jadi pengemudi yang suka tarik-tarikan sering memacu mesin hingga RPM tinggi supaya tarikannya terasa mantap. Kalau lagi keasikan narik mana mungkin dia ngeh dengan keluhan mesinnya yang sudah “teriak-teriak”. Nah Tachometer inilah yang membisikan peringatannya supaya si mesin gak jebol alias mengalami kerusakan.

Yuk ah bikin sendiri tachomter. Rangkaian Tachometer bisa Anda pelajari di bawah ini.

Skema di atas adalah rangkaian sederhana yang dapat digunakan sebagai tachometer. Rangkaian pada dasarnya adalah frekuensi untuk konverter arus yang mengubah sinyal yang masuk ke arus proporsional untuk mendorong meter. Defleksi pada ammeter akan sebanding dengan frekuensi sinyal yang masuk. Untuk menggunakan rangkaian ini sebagai tachometer mobil, terminal input A harus dihubungkan ke kabel busi dan terminal B harus dihubungkan ke ground kendaraan.

Tachometer yang terdapat pada mobil, pesawat terbang dan kendaraan-kendaraan lainnya biasanya menunjukan tingkat rotasi/perputaran pada poros engkol mesin, dan secara tipikal sudah menandakan indikasi jangkauan keselamatan dari perputaran mesin. Hal ini mampu menolong pengemudi dalam menyeleksi akselerasi yang pas dan pengaturan rotasi mesin untuk segala macam kondisi pengendaraan.

Kalau tertarik, silakan coba Rangkaian Tachometer ini.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :